Workshop Sosialisasi & koordinasi Pengembangan SMK PK (Pusat Keunggulan) Tahun 2021

Laboy Jaya, 06 September 2021 – Jajaran SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang mengikuti sosialisasi dan koordinasi Pengembangan SMK PK (Pusat Keunggulan) dan Penandatanganan MoU dengan Pendamping Perguruan Tinggi STIKES Payung Negeri Pekanbaru beserta Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA)SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang tahun 2021.
Yang di hadiri oleh Ibu Dr. Hj. Nila Resmita, M.Pd sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kepala SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang Bapak Nasrun, S.Pd, Pendamping Perguruan Tinggi STIKES Payung Negeri Pekanbaru Ibu Dr. Deswinda, S.Kep,Ns., M.Kes, Komite Sekolah Bapak H. Rubiya, S.Pd , Tim DUDIKA Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru ibu Delita Ariyani,S.Psi dan Hotel Furaya Pekanbaru Ibu Weni Fitria Sari, SE ,Ketua MKKS Bapak Djunaidi, M.Pd, Tamu Undangan Bapak/ibu Kepala SMK Se-Kabupaten Kampar, Seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

Melalui Paparan yang diberikan oleh Bapak Nasrun, S.Pd., M.M selaku Kepala SMKN Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang bahwa Pembelajaran Paradigma Baru Sangat Diperlukan Apalagi Masa Covid-19 Peranan Guru Sangat Penting Karena Dalam Pembelajaran Paradigma Baru Seorang Guru Harus Bisa Membuat Suasana Pembelajaran Lebih Baik Dan Guru Sebagai Fasilitator Dan Menjadikan Belajar Lebih Efektif Dan Efisien Agar Tujuan Pembelajaran Itu Tecapai. Ini Sesuai Dengan Paradigma Pembelajaran Baru Yaitu Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar Artinya Unit Pendidikan Yaitu Sekolah, Guru-Guru Dan Muridnya Punya Kebebasan Dalam Berinovasi Dan Bertindak Dalam Proses Belajar. Dalam Hal Ini, Guru Sangat Dianjurkan Untuk Tidak Bersikap Monoton Dan Masih Menerapkan Teacher Centre Yang Mana Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas Berpusat Pada Guru.

Guru Harus Kembali Mengasah Kompetensinya, Terutama Dalam Menerapkan Kurikulum Yang Telah Diberikan Serta Mewujudkan Kompetensi Dasar Yang Sudah Dibuat Sebelumnya. Bukan Hanya Meningkatkan Skill Guru Dalam Mengajar, Tetapi Dalam Sistem Pengajaran Di Kelas Pun Harus Turut Diberikan Inovasi Yang Berbeda Dari Sebelumnya. Apabila Sekarang Guru Masih Menerapkan Sistem Belajar Di Dalam Kelas, Maka Saat Ini Perlu Diterapkan Belajar Di Luar Kelas Seperti Kunjungan Ke Dudika. Selain Mengubah Nuansa Belajar Yang Awalnya Monoton Dan Kaku, Kegiatan Ini Akan Menambah Wawasan Siswa Dalam Berpikir Kreatif Dan Kritis.

Di Sinilah Fungsi Dari Bentuk Kemerdekaan Siswa Dalam Belajar. Mereka Dibebaskan Dalam Berpikir Kreatif Dan Berinovasi. Siswa Yang Sudah Terbiasa Dalam Bertindak Kreatif Dan Mandiri Akan Membentuk Karakter Yang Berkompetensi Di Kemudian Hari. Tentunya Para Siswa Yang Memiliki Kompetensi Tinggi Akan Siap Menghadapi Dunia Pekerjaan Dan Berguna Bagi Bangsa Dan Negara.

Bapak Nasrun, S.Pd., M.M selaku Kepala SMKN Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang mengucapkan terimakasih Kepada ibu Dr. Hj. Nila Resmita, M.Pd yang telah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara Sosialisasi & Koordinasi Pengembangan SMK PK (Pusat Keunggulan) dan sudah memberikan arahan serta motivasi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan kepada SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang.

Bapak Nasrun, S.Pd., M.M selaku Kepala SMKN Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Tamu Undangan serta seluruh warga sekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *