Upacara peringatan hari pendidikan Nasional di SMKN KESPAR Bangkinang 2024

Bangkinang, 2 Mei 2024 – SMKN KESPAR Bangkinang menyelenggarakan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Sekolah pada Kamis (02/05 24) pukul 07.00-08.00 WIB. Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperingati lahirnya semangat pendidikan di Indonesia. Upacara Hardiknas mengingatkan akan pentingnya pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Upacara ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa nasionalisme peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. 

Hardiknas merupakan hari besar nasional yang tertuang dalam Kepres No. 316 Tahun 1959. Tanggal 2 Mei dipilih sebagai hardiknas karena tanggal tersebut merupakan lahirnya Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewanantara. Pada tanggal 2 Mei, Bangsa Indonesia merayakan kekayaan intelektual dan menggugah semangat untuk memajukan sistem pendidikan demi masa depan Bangsa Indonesia. Pendidikan adalah kunci utama kemajuan bangsa karena dengan pendidikan yang berkualitas sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan aset bangsa.

Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik, di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan. – Ki Hajar Dewantara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *